YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Rabu, 05 Mei 2010

YARO STARAK - Apa Sebenarnya Blog Itu (2)

Kenapa Bisa Menjadi Begitu Populer?

yarostarak Banyak pendapat berbeda yang menjelaskan tentang blog. Saya ingin menjelaskan blog dengan membandingkanya denga website “normal”. Sebenarnya blog sendiri adalah sebuah website (dan memang begitu, blog sebenarnya adalah – sebuah website). Blog adalah website yang mempunya beberapa perbedaan kunci, antara lain:

1. Artikel ditampilkan secara kronologis

dengan artikel paling baru berada paling atas. Ini adalah bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang paling baru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya.  Format ini adalah warisan dari aspek “jurnalistik” dari blog yang merupakan diary online atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja.

Meskipun blog mempunya gaya seperti cerita jurnalistik, hal perting yang perlu di perhatikan adalah saat ini tidak semua blog merupakan diary dan bukan tentang kehidupan pribadi dari sang penulis. Beberapa blog masih merupakan hasil pemikiran seorang penulis

blog saya juga, tapi saya tidak bercerita tentang kucing saya atau apa yang saya makan waktu sarapan tadi. Saya tetap pada topik yang sudah dipilih, tentang bisnis internet dan blogging, dan orang-orang yang tertarik pada kedua topik tadi datang untuk membaca blog saya.

Blog saat ini bisa mengenai bermacam subjek, ditulis oleh seorang atau banyak orang dan tentunya semua itu bukanlah diary pribadi. Refleksi pribadi, opini dan suara semuanya sudah menjadi bagian dari blog, tapi itu semua tidak mempengaruhi nafas dan jangkauan dari cakupan topik.

2. Mudah untuk menambahkan konten baru

Website normal mempunya satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk menambahkan konten baru—yaitu terlalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna web umumnya.

Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan, mereka bisa mempublish konten ke World Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah menulis email, kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunyai sebuah dunia yang terisi jutaan blog.

3. Konten sering terupdate

Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka. Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas – sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk menamahkan konten pada sebuah website.

Tentu, beberapa situs popular sering terupdate sebelum blog muncul, tapi dibelakang mereka ada organisasi besar dengan staf teknis dan para penulis, atau dikelola oleh orangorang yang mengerti sesuatu seperti HTML, FTP dan server web. Kebanyakan orang tidak bisa berbicara dengan bahasa itu dan sampai blog muncul sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk mempublikasikan ide-ide mereka secara online.

Blog sudah mengurangi masalah untuk mempublikasi sehingga membantu kebanyakan orang untuk melakukannya. Sebagai hasilnya Web saat ini dipenuhi dengan produser konten (para blogger) menulis dan mempublikasikannya secara reguler, kadang beberapa artikel per hari. Website dulu tidak pernah sedinamis blog sekarang.

Efek lain dari kebangkitan blog pada mesin-mesin pencari. Mesin pencari seperti Google  memberikan penghargaan kepada konten yang bernilai dan konsisten. Secara alami blog melakukannya (dengan asumsi dijalankan oleh blogger yg termotivasi) dan kemudian mendapat rangking tinggi disearch engine.

Sebagai hasil dari “mencuri” rangking di mesin pencari papan atas, blog mendapatkan perhatian lebih banyak, mendapatkan fokus dari para pemasar internet dan pemilik bisnis karena mereka melihat blog sebagai alat pemasaran yang potensial untuk produk dan layanan mereka.

4. Blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar.

Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publiskasikan di blog mempunyai kotak yang mengijinkan siapapun untuk memberikan kontar pada artikel tersebut. Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat komunikasi dua arah. Para pembacanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis konten, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah komunitas.

Poin terakhir ini lebih powerfull dari yang anda pikirkan, dan inilah jawabannya...

5. Orang-orang “mempercayai” blog lebih dari website normal karena blogging adalah
pembicaraan

Jika anda mengkombiasikan seleuruh elemen dia atas – penulisan gaya jurnal pribadi, kemudahan untuk menambahkan konten yang menyebabkan sering terupdate, dan kemampuan untuk berinteraksi denga para pembaca anda – anda punya formula untuk sebuah alat komunikasi yang sangat natural.

Blog, secara alamiah, bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mereka menumbuhkan hubungan antar manusia dan, sebagai efek samping dari banyaknya blog sekarang, beberapa blogger di terima sebagai ahli yang disegani, meskipun itu benar ataupun tidak, murni dibelakang blog mereka sukses.

Karena itulah seseorang dengan modal semangat, hobby, atau keahlian tertentu, dan cukup termotivasi untuk menghasilkan konten tentang sebuah topik, dapat menarik audiennya, monetize traffic itu, dan mendapatkan potensi untuk prefesional blogging.

Apa yang saya jelaskan tadi mungkin bukan hal baru bagi sebagian orang, tapi ini adalah dasar dari semua yang akan saya jelaskan dalam laporan ini. Jika konsep “blog” masih belum jelas bagi anda, luangkan waktu untuk online dan mencari beberapa contoh dari lima poin yang sudah saya jelaskan di atas sampai anda mengerti peluang yang ada pada blog. Anda bisa memulai blog saya, Entrepreneurs-journey.com, dan kemudian temukan blogroll saya dan link ke blog-blog lain.

Sekarang kita tahu apa yang membuat blog berbeda, langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menghasilkan uang dari mereka (blog). Sebagaimana sudah saya jelaskan dariawal report ini, sangat penting untuk membuat strategi sebelum menjalankan taktik. Dibagian berikutnya saya akan menjelaskan taktik – beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog anda saat ini dan juga yang sedang saya gunakan sekarang – Namun sebelumnya anda perlu mengerti juga strategi dibelakang cara untuk menghasikan uang dari blogging.

Sebenarnya yang lebih penting adalah memahami strategi dibelakang cara menghasikan uang dari blogging daripada cara-cara itu sendiri. Taktik dan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan uang dari blogging selalu berganti setiap hari. bagaimanapun juga, dasar dari kenapa anda menghasilkan uang tidak akan berubah, jadi sebaiknya anda menaruh
perhatian pada bagian ini.

SUMBER : www.blogmastermind.com

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą