YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Selasa, 18 Mei 2010

DRY VALLEY ANTARTIKA

image 

Dry Valleys atau lembah kering adalah sebuah daerak di antartika yang tidak ditutupi oleh lapisan es beku abadi yang pada umumnya menjadi ciri khas daerah antartika. Di lembah ini tidak ada curah hujan lebih dari 2 juta tahun,  Kecuali salah satu lembah disana, yang mana danaunya sebentar teraliri air di musim panas. Lembah Kering tidak mengandung uap air (air, es, atau salju) dan tetapi memiliki tingkat kelembaban yang sangat tinggi.

image

Alasan terjadinya Dry Valleys adalah karena angin Katabatic dengan kecepatan 200 mil per jam yang segera menguapkan semua air yang ada. Dry Valleys sangat aneh, kecuali beberapa karang terjal disana, daerah itu adalah satu-satunya daerah di Antartika yang tidak dilingkupi es. Berada pada daerah Trans-Antartica, menghadap pada daerah pegunungan yang mana penguapan (atau sublimasi) disana lebih tinggi daripada turunnya salju menyebabkan seluruh es menghilang, sehingga yang tampak hanyalah dataran gundul yang gersang.

benua antartika bukan merupakan daerah yang tidak berpenghuni, benua ini boleh dibilang berpenduduk paling sedikit dibanding benua yg ada dibumi. luas dari dryvalleys mencakup 0.03 persen dari luas benua antartika, Sebagaimana diketahui sekitar 14 juta kilometer persegi dari total luas benua Antartika, terselimuti salju yang ketebalannya bisa mencapai 2000 meter bahkan 4.800 meter. Di musim dingin, es juga membekukan lautan, sehingga sulit membedakan mana daratan mana lautan.

karena kondisi alam yang sangat ekstrim tersebut, telah banyak ahli dan ilmuwan yang melakukan penelitian untuk mengungkapkan semua aspek yang ada di dry valleys, termasuk semua bentuk kehidupan yang ada di sana, dan dari penelitian yan telah dilakukan oleh para ilmuwan, mereka bahkan menyimpulkan adanya kesamaan dari dry valleys dengan kondisi alam di planet mars.

Daerah terkering lainnya ada di Padang Pasir Atacama, Cile, yang mana beberapa bagiannya belum pernah mengalami kondensasi selama berabad-abad. Beberapa bagian dari Padang Pasir Atacama mungkin lebih kering daripada di Antartika,  karena minimnya data-data di daerah ini.

image

 image

2 komentar:

bukansekedarbisnis mengatakan...

kak saya izin copy artikelnya yah saya rangkum boleh?

bukansekedarbisnis mengatakan...

hari ini saya copy kak ,terimakasih

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą