YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Kamis, 13 Mei 2010

METODE CUCI SKALA BESAR

metode cuci walet

 Bahan Yang Digunakan Untuk Pembuatan Alat

  • Drum yang berukuran tinggi 65 cm dan diameter 45 cm, berfungsi sebagai hopper terbuat dari logam anti karat dengan ketebalan 2 mm, yang berfungsi sebagai tempat pemroses sarang walet kotor yang terendam dalam air pada drum tersebut. Drum ini, juga berfungsi sebagai tempat kedudukan kipas (blower) pemutar air yang posisinya di bagian bawah drum, yang tempatnya dengan ruang untuk membersihkan sarang dipisahkan dengan saringan logam.
  • Motor penggerak dengan as poros dipasangi gir pada bagian atasnya untuk transmisi gerak dan dinamo ke as poros kipas pemutar air di dalam drum pencuci sarang. As poros kipas pemutar air di dalam drum, dilengkapi dengan gir yang terletak tepat di tengah di bagian bawah (luar) dari drum. Kemudian, kedua poros itu (dinamo) dengan kipas pemutar air tersebut dihubungkan dengan sabuk karet yang panjangnya 80 cm, lebar sabuk 4 cm dan tebalnya 3 cm sebagai tranfer gerak dari dinamo ke kipas pemutar air.
  • Kipas pemutar air yang terdiri dari dua plat baja dipasang pada bagian as poros putamya dengan baut, agar dapat dilepas bila drum hendak dibersihkan, juga dimaksudkan untuk dapat lebih dibengkokkan atau dibuat lebih datar agar kecepatan putaran kipas pemutar air dapat diatur lebih cepat atau lambat sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Hal ini karena kalau jumlah sarang walet yang akan dibersihkan cukup banyak dan kondisinya sangat kotor, maka diperlukan putaran air yang lebih cepat.
  • Saringan dengan lubang-lubang berdiameter 4 cm dipakai sebagai pembatas antara ruangan kipas air yang berada di bagian bawah drum dengan bagian atasnya, berfungsi untuk mencegah agar sarang walet yang dibersihkan beserta bulu-bulu kotornya tidak masuk ke dalam ruangan kipas air dan menimbulkan kemacetan kipas pemutar air.
  • Kran pelepas air cucian sarang walet, digunakan untuk melepaskan air kotor yang telah digunakan untuk mencuci sarang walet, letaknya di dasar drum, diameter kran 4 cm.
  • Potongan-potongan besi logam sebagai kerangka untuk melekatnya drum, motor penggerak, roda gelinding, as gir, dan alas logam sebagai tempat meletakkan motor penggerak, agar semua komponen dan alat pembersih sarang walet tersebut dapat melekat menjadi satu kesatuan secara terpadu. Kerangka tersebut terdiri dari empat potong logam baja bertekuk "L" dengan ketinggian 60 cm (vertikal) dan empat potong baja logam lekuk "L" yang dipasang mendatar dengan ketinggian 60 cm.

Fungsi Bagian-bagian dan Prinsip Kerja dari Alat

  • Drum untuk penampung berfungsi sebagai bak penampung (hopper) sarang walet yang akan dibersihkan. Drum ini harus diisi dengan air jika digunakan untuk mencuci sarang walet. Bagian bawah (dasar drum) ada as yang posisinya berada ditengah-tengah dari lingkaran dasar dari drum. As ini bagian atasnya merupakan tempat kedudukan dari blower pemutar air, sedangkan bagian bawahnya dihubungkan dengan sabuk karet ke bagian as poros dinamo untuk transfer putaran as dinamo ke kipas penggerak air.
  • Ruang Kipas pemutar air yang berada di bagian dasar dari drum dipisahkan dari ruang atas drum dengan saringan logam yang berlobang-lobang dengan diameter lobang 4 cm, agar supaya gerakan putaran kipas pemutar air dalam ruang bawah drum dapat menyebabkan putaran air pada ruang bagian atas dari drum sekaligus memutar sarang walet kotor yang berada dalam air tersebut. Dengan cara ini kotoran, bulu dan debu yang menempel pada sarang itu menjadi lepas.
  • Motor penggerak, yang ukurannya 40 cm, ketinggian 25 cm mempunyai tenaga pemutar 0,5 HP dan menghidupkannya dengan listrik; sedangkan as porosnya dihubungkan dengan sabuk karet pada as poros penggerak kipas pemutar air di bagian bawah dari drum pembersih. Motor penggerak yang beratnya 25 kg ini terletak pada lempeng logam sebagai peyangga/bantalannya.
  • Kipas pemutar air, dibuat mudah dilepas agar kemiringannya dapat diubah agar kecepatan putaran kipas dapat diatur sesuai dengan kebutuhannya.
  • Kran pelepas air cucian sarang, terletak di bagian dasar dari ruang kipas pemutar air, yang berfungsi untuk mengeluarkan air cucian walet apabila pekerjaan pencucian sarang walet telah dilakukan; di mana kotoran-kotoran besar biasanya tersangkut pada saringan logam di dalam drum yang dapat dilepaskan dari dalam drum.
  • Kaki-kaki logam dari alat pembersih berfungsi sebagai kerangka untuk melekatkan semua bagian dari alat, di mana bagian bawah dari kerangka dilengkapi dengan 4 roda gelinding, sehingga alat tersebut mudah dipindah tempatkan dengan cara mendorongnya.

Metode yang Digunakan dalam Pembersihan Sarang Walet

  1. Sarang walet sebelum diproses diseleksi dan dipisah-pisahkan berdasarkan banyaknya kotoran seperti bulu, jenis, warna dan lain-lainnya, tujuannya agar waktu dan penanganan yang dibutuhkan dalam pemrosesan relatif sama.
  2. Drum pada alat pencuci sarang tersebut diisi dengan air bersih, sebagai media pencuci sarang walet sampai drum mendekati penuh.
  3. Masukkan sarang walet kotor yang akan dibersihkan tersebut ke dalam bak penampung (hopper).
  4. Pekerjaan pencucian dilakukan dengan cara menghidupkan mesin tersebut melalui penyambungan kabelnya ke sumber listrik agar kipas pemutar dapat berputar 1800 rpm.
  5. Air di dalam drum akan berputar jika alat tersebut dihubungkan dengan listrik, sehingga air dalam drum ikut berputar dan sarang walet yang terendam dalam air itu juga ikut berputar.
  6. Pekerjaan pencucian dilakukan sampai sarang menjadi bersih dan bila belum bersih pencucian diulang lagi sampai benar-benar bersih dan bila sudah bersih air cucian dikeluarkan,
  7. Pada pencucian terakhir sebaiknya airnya dibubuhi Sodium Benzoat, agar dapat mencegah terjadinya jamur dan pembusukan terutama nanti pada saat sarang walet disimpan
  8. Setelah sarang walet diambil dari drum pencuci, maka jika masih ada bulu yang tidak hilang bulu tersebut dicabut dengan pinset.
  9. Selanjutnya sarang walet tersebut dicetak atau dibentuk sesuai dengan bentuk sarangan yang rupanya seperti mangkokan dari bahan stainless steel sebelum sarang itu dikeringkan.
  10. Pengeringan sarang dilakukan selama 12 jam pada saat sarang masih berada dalam cetakan, agar bentuk sarang tak berubah dan tak boleh dikeringkan langsung di bawah sinar matahari.

METODE GAMBAR 2 Metode GAMBAR 2 2

HASIL DAN PEMBAHASAN

Setelah alat pencuci sarang walet tersebut selesai dirancang dan dibuat, maka alat tersebut dicobakan langsung pada komoditas sarang hasil dari para peternak walet di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil pencucian sarang yang dilakukan tersebut dapat diperoleh beberapa data tentang gambaran efektivitas pembersihan sarang walet dengan menggunakan alat yang dirancang.

Pembersihan sarang walet dengan memakai alat tersebut dilakukan dengan mencuci sarang walet dari kualitasnya berbeda (5 macam kualitas) atas dasar banyaknya bulu dan kotoran. Berdasarkan kualitasnya, 5 macam sarang walet tersebut adalah:

  • Sarang bulu enteng : yaitu sarang Walet yang pencemaran bulunya sedikit (10% dari luas permukaan).
  • Sarang bulu luar : yaitu sarang yang pencemaran bulunya di bagian luar saja.
  • Sarang bulu dalam : yaitu sarang yang pencemaran bulunya di bagian dalam dari sarang.
  • Sarang bulu berat : yaitu sarang walet yang tercemar oleh bulu dan kotoran baik di bagian dalam maupun luarnya, lebih dari 50% permukaannya.
  • Sarang goa : yaitu sarang yang berasal dari goa yang warnanya kusam kehitaman dan penuh dengan bulu.

 TABEL METODE

Dari Tabel 1 terlihat bahwa penggunaan alat cuci sarang burung dapat meningkatkan pendapatan peternak walet rata-rata 3.576 juta rupiah. ini berarti penggunaan alat tersebut dapat meningkatkan nilai tambah dan efisiensi pekerjaan pencucian sarang walet, karena hanya membutuhkan waktu rata-rata 7.4 menit.

Dari hasil pengamatan uji coba alat tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni tentang kapasitas alat. Alat ini memiliki kapasitas maksimum 3 kg, sehingga pekerjaan harus dilakukan secara bertahap apabila produk yang harus dibersihkan melebihi kapasitas tersebut. Kapasitas alat yang hanya 3 kg disesuaikan dengan kapasitas hasil panen dari peternak walet di Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember, yang rata-rata sekali petik hasilnya kurang lebih 3 kg. Di masa datang perlu dirancang alat dengan kapasitas yang lebih besar.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pemakaian alat tersebut di kalangan peternak walet di Kecamatan Tanggul cukup populer, karena 70% dari seluruh peternak walet yang tergabung dalam paguyuban pewalet Tanggul Raya (23 orang dari 33 orang peternak walet yang ada), telah tertarik menggunakan model alat tersebut untuk mencuci hasil sarangnya. Para peternak walet itu pada akhirnya mampu membuat sendiri alat pencuci sesuai dengan model yang dirancang tetapi dengan bahan logam yang lebih baik.

Pengaruh positif lainnya dari penggunaan alat tersebut di tingkat peternak adalah bahwa regenerasi walet dalam budidaya walet di rumah peternak menjadi terjamin. Hal ini tidak lain karena peternak walet yang tadinya enggan melakukan siklus petik "panen tetasan" (yaitu sarang walet dipetik setelah sarang walet dipakai untuk mengerami dan menetaskan telurnya), karena hasil sarang tetasan adalah berkualitas rendah, tetapi setelah tersedianya alat cuci tersebut., maka peternak tidak segan-segan lagi untuk melakukan panen tetasan yang merupakan bagian dari upaya menjaga azas kelestarian populasi burung walet yang dipeliharanya.

Demikian pula dengan adanya alat tersebut, peluang kerja yang ada di pedesaan juga menjadi bertambah, karena ada peluang untuk bekerja sebagai tenaga pembersih, pencetak dan pengering sarang walet yang selama ini tidak pernah dilakukan. Adanya pekerjaan pencucian sarang tersebut juga menambah penghasilan peternak walet, karena air cucian sarang laku dijual Rp. 15.000.- / 3 liter untuk mengolesi seluruh dinding rumah walet baru agar suasananya disukai oleh burung walet.

Dari sisi lain, alat tersebut masih dapat disempurnakan lagi dalam hal pengaturan tingkat kecepatan kipas pemutar air, agar bekerja secara otomatis. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan beberapa tingkat kecepatan putaran sesuai dengan kondisi kekotoran sarang walet. Hal ini dapat dilakukan bila kondisi sarang walet hasil para peternak walet itu dapat diidentifikasikan berbagai tingkat kekotorannya. Tetapi karena hasil sarang dari para peternak walet itu selama ini cukup beragam kualitasnya, maka untuk sementana ini sulit diidentifikasi. Karena itu, solusinya adalah bahwa kipas putaran air dari alat yang dirancang tersebut dilengkapi dengan mur dan baut, yang dapat dicopot sewaktu-waktu, sehingga kipasnya dapat dirubah kemiringannya untuk mengatur kecepatan putaran kipas sesuai dengan kondisi kekotoran sarang walet.

KESIMPULAN DAN SARAN

Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat melalui perancangan alat pencuci sarang burung walet tersebut, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Alat yang dirancang itu mampu meningkatkan kualitas dan harga sarang walet hasil panen para peternak walet di Kecamatan Tanggul, sehingga posisi bargaining power peternak walet meningkat dalam memasarkan produknya.
  2. Peningkatan nilai tambah rata-rata dari komoditas sarang walet yang telah dicuci dengan menggunakan alat itu adalah sebesar 30.31%.
  3. Alat tersebut telah dapat diterima oleh kalangan peternak dengan baik, karena dari seluruh anggota kelompok peternak yang mengikuti kegiatan ini ternyata 70% telah menggunakan alat tersebut untuk mencuci hasil sarang waletnya.
  4. Kapasitas mesin cuci sarang dan keceptan putarannya dapat disempurnakan, supaya lebih besar dan pengaturan kecepatannya dapat bekerja lebih otomatis, apabila budidaya walet di Kecamatan Tanggul dikembangkan lebih lanjut.
  5. Dengan adanya penggunaan alat ini, maka peluang kerja di pedesaan tempat budidaya walet meningkat, demikian pula hasil samping proses pencucian sarang (air cucian sarang walet) dapat dijual sehingga dapat menambah penghasilan pengusaha walet.

Saran-saran:

  1. Jika pengembangan produksi sarang walet di kecamatan Tanggul berhasil, maka kapasitas cuci dan alat yang dirancang perlu ditingkatkan.
  2. Melihat potensi pasar dan daya dukung alam sekitar dalam memasok serangga pakan walet maka perlu adanya program pengembangan usaha walet yang berkesinambungan dan lebih besar.

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang telah memungkinkan terselenggaranya program ini sesuai dengan sasaran dan harapan.

 

5 komentar:

PT. Betterway mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
PT. Betterway mengatakan...

Kami tertarik dengan isi artikel di atas.
Apakah anda yang membuat alat tsb ? Bisakah menghubungi kami ?
Atau di mana kami dapat menghubungi Anda ?
Terima kasih sebelumnya.

master togel mengatakan...

KISAH NYATA..............
Ass.Saya ir Sugianto.Dari Kota Timor Leste Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
Mulai bulan ini (Oktober 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
Harus siap mental lahir dan batin
Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
Ayam cemani : 2jt
Minyak Songolangit : 2jt
bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085320279333
SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS . 20 orang saja

Unknown mengatakan...

Berapa harga mesin?...dimana belinya? Contact person?

Silahkan ditampilkan mengatakan...

Bagaimana sy bs hubungi anda?

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą