YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Minggu, 23 Mei 2010

10 CARA AGAR OTAK MENJADI SEHAT

otak

10 cara agar otak anda jadi sehat

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak dan inilah 10 kegiatan yang dapat mengoptimalkan kinerja otak kita.

jadi boleh dibilang hampir semua kegiatan tubuh kita berhubungan dengan otak, oleh karena itu menjadi kewajiban kita untuk memperlakukan otak kita dengan baik agar otk dapat bekerja lebih optimal, banyak cara yang bisa kita gunakan untuk membuat otak menjadi sehat dan berfungsi dengan optimal,

1. SARAPAN PAGI

sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan kita, sarapan pagi dapat meningkatkan  kadar gula dalam darah dan sangat membantu suplai darah dan nutrisi ke otak, sebaiknya pilih menu sarapan yang kaya gizi dan karbohirat seperti buah dan roti atau nasi dengan sayur ditambah sedikit daging.

2. JANGAN TERLALU BANYAK MAKAN

terlalu bayak makan juga kurang baik bagi otak, Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

3. JANGAN MEROKOK

Bagi orang yang tidak merokok, hal ini bukan masalah jadi cukup hindari tempat yang bebas terpapar asp rokok saja sudah cukup, tetapi bagi seorang perokok mungkin akan terasa berat, jadi jalan terbaik adalah berusaha untuk mengurangi kebiasaan merokok. karena Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4. GULA

kurangi konsumsi gula yang berlebihan, Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak

5. POLUSI UDARA

Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak. jadi, sedapat mungkin hindari tempat yang banyak polusi udara.

6. DISIPLIN TIDUR

Tidur dengan cukup dapat memberikan asupan oksigen yang cukup bagi otak, Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7. HINDARI KEBIASAAN TIDUR YANG BURUK

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8. KURANGI BERPIKIR SAAT SAKIT

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak. karena saat sakit semua fungsi organ tubuh kita menurun,

9. STIMULASI OTAK

Berikan latihan kepada otak kita, Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10. KOMUNIKASI

Berinteraksi dengan teman juga dapat memberikan latihan yang baik bagi stimulasi otak dan sedapat mungkin lakukan komunikasi yang positif, Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą