YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Rabu, 02 Juni 2010

YARO STARAK – APAKAH PILAR ITU (6)

Sebuah pilar adalah konten blog, yang biasanya sebuah artikel, yang melakukan beberapa hal penting:

  • Membawa banjir pengunjung baru dan backlinks (situs lain ngelink ke blog anda)
  • Terus  membawa  lebih  banyak  pembaca  jauh  setelah  anda  dan  orang  lain merefrensikannya, meskipun sudah terkubur dalam arsip blog anda.
  • Seringkali dia membawa trafik dari mesin pencari (hal ini disebabkan karena banyak halam web lain yang ngelink kesana)
  • Anda bisa mendaftar di bagian yang  lain (seperti halaman  artikel) bersama dengan pilar artikel yang lain sehingga konten terbaik anda bisa dikases dengan mudah dan nilai anda bisa ditunjukkan dengan jelas
  • Tidak  bergantung  waktu,  jadi  dalam  dua  belas  bulan  ini  akan  tetap  relevan  dan populer.

Bagaimana Anda Membuat Pilar?

natural_tree_1600x1200

Tidak  adan  rumusan  jelas  untuk  mebuat  artikel  yang  nantinya  menjadi  pilar,  tapi  ada beberapa  karakteristik  kunci  yang  bisa  ada  kerjakan  dengannya.  Anda  mungkin  akan terkejut  melihat  beberapa  artikel  menjadi  pilar  meskipun  tidak  anda  harapkan,  atau kebalikannya anda mengharapkan sebuah artikel menjadi pilar tetapi tidak membawa trafik sama sekali.

Ada beberapa jenis artikel pilar yang bisa anda posting dke blog anda:

1. Artikel “How-To”

Ini  adalah  konsep  artikel  pilar  staple.  Pikirkan  tentang  industri  anda  dan  tulislah  sebuah artikel  yang  mengajarkan  bagaiman  melakukan  sesuatu  tentang  topik  yang  anda  kuasai dan mempunyai pengalaman disana. Beberapa kemungkinan contoh:

  • Jika anda seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang bagaimana memasarakan sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang.
  • Jika  anda  blogging  tentang  anjing,  tulislah  bagaimana  memilih  nama  anjinh  yang sesuai.
  • Jika anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk menyiapkan hidangan.
  • Jika  anda  blogging  tentang  kehidupan  anda,  tulislah  panduan  how-to  dalam pengembangan  diri  dari  pelajaran  pengalaman  hidup  yang  sudah  anda dapatkan (contohnya  bagaimana  anda  mendapatkan  sebuah  pekerjaan,  bagaimana  anda memutuskan hubungan dengan pacar anda, dll) Ini harus beralasan  dimana  topik how-to  sangat  popular  dan relevan  dengan  audien  anda
    dan  anda  merasa  punya  kemampuan  untuk  mejelaskannya.  Ingatlah  untuk mencerikan cerita jika ada bisa!

2. Artikel definisi

Beberapa  industri  mempunyai  konsep  yang  tidak  diketahui  pembaca  baru.  Jika  sebuah konsep  itu  rumit,  buat  sebuah  artikel  pilar  yang  menjelaskan  konsep  itu,  memaparkan dengan jelas apa artinya dan bagaimana ini bisa diimplementasikan.

Ini mungkin kelihatan sederhana dan membingungkan buat anda, tapi ingatlah bahwa anda ahli  di bidang  anda,  jadi  jelaskan  ini  kepada  pendatang  baru  dengan  sederhana  dan, tentunya,  cobalah  mengatakan  sebuah  cerita  sebagai  contoh.  Sebuah  halaman  definisi glosary adalah sebuah sebuah artikel pilar yang bagus.

Jika  ada beberapa konsep kunci yang menarik di industri anda, tulislah sebuah artikel yang mendaftar  konsep-konsep  itu  dan  berikan  satu  paragraf  untuk  mendefinisikan  setiap konsep. Sebuah  resource seperti  ini  sangat  bagus  sebagai  bagian  referensi  dan
direferensikan balik oleh blog dan website lain.

Anda  mungkin  bertanya  kenapa  melakukan  hal  ini  jika  kebanyakan  istilah  itu  sudah didefiniskan di tempat lain seperti wikipedia?

Tidak menjadi masalah untuk ngelink ke website lain khususnya untuk istilah pendek ketika anda  baru  memulai,  tapi  akan  lebih  baik  jika  menuliskan  definisi  sendiri.  Hal  ini  akan menjaga pembaca tetap ke blog anda, meningkatkan pageview (jumlah total halaman yang dibaca pembaca blog anda) dan visitor length (lamanya para pembaca tinggal di blog anda).

Anda  bisa  menjelaskan  dengan  bahasa  anda  sendiri,  menggunakan  cerita  dan  suara  unik
anda  sendiri.  hal  ini  mebangun  kredibilitas  dan  kepercayaan. Lebih  cerdas  lagi  jika
mengikutkan  versi  definisi  anda  sendiri  jika  anda  berkemampuan untuk  menjelaskan
sebuah istilah atau konsep daripada ngelink ke situs lain dan memberikan trafik anda.

3. Presentasikan sebuah teori atau argumen

Jika  anda  blogging  tentang  politik,  tulislah  sebuah  artikel  yang  mendiskusikan  teori  anda tentang  komunisme,  demokrasi,  kapitalisme  atau  khilafah  akan  bisa  menjadi  artikel  pilar yang bagus.

Hal yang terpenting  disini  adalah menyajikan beberapa pemikiran yang  unik. Berikan opini anda  pada  beberapa  isue besar  dalam  industri  anda,  atau bahkan  pada topik utama yang mungkin pembaca anda akan tertarik.

Cobalah untuk tidak sekadar mengulangi apa yang telah dikatakan dan sajikan dengan jelas apa pendapat  anda.  Pancing  pembicaraan,  mungkin  juga  kontroversi,  tentang  topik yang seringkali  didiskusikan  dan  tidak  bergantung  waktu  dan  anda  akan  mengalirkan trafik ke blog anda.

4. Buatlah sebuah resource seperti laporan gratis, whitepaper atau e-course

Hal  ini  adalah  salah  satu  konsep  pilar  favorit  saya.Sebuah  dokumen  seperti  sebuah  whitepapper  (sebuah  dokumen  kecil,  2  – 10  halaman,  yang  mengajarkan  bagaimana  melakukan  sesuatu)  atau  serial  dari  artikel  yang  dikombinasikan  untuk  membuat  sebuah kursus, adalah sebuah pilar yang fantastis. Anda punya beberapa pilihan untuk menyajikan informasi itu:

Buatlah PDF yang bisa di download pembaca anda, seperti apa yang bisa anda baca sekarang.  Keuntungan  dari  cara  ini  adalah  file  bisa  dibagikan  dengan  mudah (sebagai contoh diforward lewat email – hint, hint ;-) ) dan anda akan mendapatkan efek  dari  viral  marketing,  utamanya  jika  anda  memproduksi  e-book  atau  report dengan kualitas bagus.

Tuliskan  konten  dalam  beberapa  posting  blog  dan interlink-kan semua.  Anda  juga bisa  menjadikan  mereka  highlight  serial  tersendiri  di  arsip  anda  atau  halaman artikel.

Jika  anda  mengunjungi  bagian  artikel di  blog  saya  dibawah  heading  “Free  Report”,  anda akan  melihat  sebuah  contoh  dari  sebuah  laporan  PDF  yang  saya  letakkan  bersama  Brian Clark , ini adalah contoh yang bagus dari konten pilar resource gratis.

Jika  anda tidak bisa  memutuskan  cara  mana  yang  terbaik  untuk mendistribusikan  konten pilar resource gratis anda, saran saya adalah tawarkan sebanyak mungkin cara. Buatlah PDF yang  bisa  di  download,  lewat  posting  dan  via  mailist  juga. Dengan  cara  itu  anda  bisa memaksimalkan liputan dan menjangkau audien lebih luas.

Hal penting dari konsep ini adalah untuk menciptakan solusi lengkap untuk sebuah masalah umum. Mirip dengan artikel how-to, resource gratis adalah konsep pilar yang ampuh karena hal ini menunjukkan keahlian anda dan membawa trafik tetap.

5. Satu lagi konsep pilar yang popular adalah Daftar artikel

Anda mungkin sudah melihat di beberapa blog lain. Biasanya judulnya berbunyi “Tujuh cara terbaik untuk...” atau “10 tips Untuk Meningkatkan...” dll. Pekerjaan ini berjalan baik untuk beberapa alasan.

  1. Artikel  berbentuk  list/poin dapat  dipahami dengan  mudah  oleh  manusia. Sudah  di  tes dan terbukti bahwa artikel sejumlah 300 – 700 kata dengan banyak dot-point bullet yang jelas dan headline yang menggiurk an adalah pendorong trafik yang bagus. Dalam kasus ini,  semua  tentang  penyederhanaan  konsumsi  dari  banyak  orang dengan  sedikit perhatian – yaitu kebanyakan web surfer.
  2. List  bisa  menyediakan  pelajaran  langsung  yang  bisa  di  laksanakan  dan  orang  senang untuk berbagi  list dengan orang  lain. Akibatnya artikel list seringkali di link  oleh  orang lain dan ditambahkan ke situs bookmarking sosial yang mendatangkan trafik. Artikel  list  disajikan  dengan  mengikuti  seluruh  standar  aturan  konsep  artikel  pilar  – timeless,  konten  orisinil,  ide  pemecahan  masalah  – dan  anda  bisa  membuatnya  bisa diaplikasikan langsung oleh audien anda, kebanyakan list akan menjadi pilar.

Berhati-hatilah  dengan  membuat daftar  topik  yang  dijangkau  kebanyakan  orang  atau konsep yang sederhana. Seperti biasa semakin banyak kata “anda” dimasukkan sepanjang cerita dan dengan gaya unik, semakin besar kemungkinan list anda akan bekerja bagus.

6. Blueprint Teknis.

Sebuah  blueprint  teknis  mirip  sekali  dengan  how-to  dan  whitepaper,  tetapi  lebih  fokus kepada  aspek  teknis  dari  masalah.  Blogger  dengan  fokus  technolgy  sangat  tepat  untuk membuat  pilar  blueprint  karena  mereka  senang  sekali  memakai  graph,  spreadsheets  dan gambar untuk mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu.

Sebuah  blueprint  teknis  adalah  artikel  panduan  langkah-demi  langkah  yang  disertai visualisasi yang mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu.

Designer  dan  programmer  menggunakan  posting  gaya  ini  menunjukkan  bagaimana membuat sebuah website, mendesign gambar dengan Photoshop, mengkodekan software, atau pekerjaan lebih sederhana untuk melampirkan file ke email.

Anda bisa  menerapkan  prinsip  ini hampir  di  semua industri yang kemungkinan  perkerjaan umum  merupakan  hal  komplek  untuk  di  pahami.  Dalam  hal  ini  lebih  banyak  menujukkan gambaran daripada sebuah cerita.

Secara  pribadi,  saya  lebih  mudah  menulis  cerita  daripada  harus  mengambil  banyak screenshoots  dan  foto,  tetapi  mungkin  tidak  berlaku  untuk  anda.  Jika  anda  mempunya akses  ke  resource yang  dibutuhkan,  membuat  blog  dengan  gaya  blueprint  yang menjelaskan  dengan  jelas  bagaimana  melakuakan  sesuatu  adalah  konsep  pilar  yang sempurna.

Itu  sudah mencakup  sebagian  besar  konsep  pilar  yang  bisa  anda  terapkan  pada  blog  dan cobalah. Jika anda menulis sebuah artikel  setiap hari menggunakan  konsep-konsep diatas, anda akan mempunyai fondasi kuat untuk menjadikan blog yang  suskes. Yang hanya perlu anda tambahkan adalah menggabungkan dengan marketing yang efektif...

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą