YARO STARAK – APAKAH PILAR ITU (6)
Sebuah pilar adalah konten blog, yang biasanya sebuah artikel, yang melakukan beberapa hal penting:
- Membawa banjir pengunjung baru dan backlinks (situs lain ngelink ke blog anda)
- Terus membawa lebih banyak pembaca jauh setelah anda dan orang lain merefrensikannya, meskipun sudah terkubur dalam arsip blog anda.
- Seringkali dia membawa trafik dari mesin pencari (hal ini disebabkan karena banyak halam web lain yang ngelink kesana)
- Anda bisa mendaftar di bagian yang lain (seperti halaman artikel) bersama dengan pilar artikel yang lain sehingga konten terbaik anda bisa dikases dengan mudah dan nilai anda bisa ditunjukkan dengan jelas
- Tidak bergantung waktu, jadi dalam dua belas bulan ini akan tetap relevan dan populer.
Bagaimana Anda Membuat Pilar?
Tidak adan rumusan jelas untuk mebuat artikel yang nantinya menjadi pilar, tapi ada beberapa karakteristik kunci yang bisa ada kerjakan dengannya. Anda mungkin akan terkejut melihat beberapa artikel menjadi pilar meskipun tidak anda harapkan, atau kebalikannya anda mengharapkan sebuah artikel menjadi pilar tetapi tidak membawa trafik sama sekali.
Ada beberapa jenis artikel pilar yang bisa anda posting dke blog anda:
1. Artikel “How-To”
Ini adalah konsep artikel pilar staple. Pikirkan tentang industri anda dan tulislah sebuah artikel yang mengajarkan bagaiman melakukan sesuatu tentang topik yang anda kuasai dan mempunyai pengalaman disana. Beberapa kemungkinan contoh:
- Jika anda seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa saran tentang bagaimana memasarakan sebuah bisnis tanpa mengeluarkan uang.
- Jika anda blogging tentang anjing, tulislah bagaimana memilih nama anjinh yang sesuai.
- Jika anda blogging tentang makanan, tulislah resep untuk menyiapkan hidangan.
- Jika anda blogging tentang kehidupan anda, tulislah panduan how-to dalam pengembangan diri dari pelajaran pengalaman hidup yang sudah anda dapatkan (contohnya bagaimana anda mendapatkan sebuah pekerjaan, bagaimana anda memutuskan hubungan dengan pacar anda, dll) Ini harus beralasan dimana topik how-to sangat popular dan relevan dengan audien anda
dan anda merasa punya kemampuan untuk mejelaskannya. Ingatlah untuk mencerikan cerita jika ada bisa!
2. Artikel definisi
Beberapa industri mempunyai konsep yang tidak diketahui pembaca baru. Jika sebuah konsep itu rumit, buat sebuah artikel pilar yang menjelaskan konsep itu, memaparkan dengan jelas apa artinya dan bagaimana ini bisa diimplementasikan.
Ini mungkin kelihatan sederhana dan membingungkan buat anda, tapi ingatlah bahwa anda ahli di bidang anda, jadi jelaskan ini kepada pendatang baru dengan sederhana dan, tentunya, cobalah mengatakan sebuah cerita sebagai contoh. Sebuah halaman definisi glosary adalah sebuah sebuah artikel pilar yang bagus.
Jika ada beberapa konsep kunci yang menarik di industri anda, tulislah sebuah artikel yang mendaftar konsep-konsep itu dan berikan satu paragraf untuk mendefinisikan setiap konsep. Sebuah resource seperti ini sangat bagus sebagai bagian referensi dan
direferensikan balik oleh blog dan website lain.
Anda mungkin bertanya kenapa melakukan hal ini jika kebanyakan istilah itu sudah didefiniskan di tempat lain seperti wikipedia?
Tidak menjadi masalah untuk ngelink ke website lain khususnya untuk istilah pendek ketika anda baru memulai, tapi akan lebih baik jika menuliskan definisi sendiri. Hal ini akan menjaga pembaca tetap ke blog anda, meningkatkan pageview (jumlah total halaman yang dibaca pembaca blog anda) dan visitor length (lamanya para pembaca tinggal di blog anda).
Anda bisa menjelaskan dengan bahasa anda sendiri, menggunakan cerita dan suara unik
anda sendiri. hal ini mebangun kredibilitas dan kepercayaan. Lebih cerdas lagi jika
mengikutkan versi definisi anda sendiri jika anda berkemampuan untuk menjelaskan
sebuah istilah atau konsep daripada ngelink ke situs lain dan memberikan trafik anda.
3. Presentasikan sebuah teori atau argumen
Jika anda blogging tentang politik, tulislah sebuah artikel yang mendiskusikan teori anda tentang komunisme, demokrasi, kapitalisme atau khilafah akan bisa menjadi artikel pilar yang bagus.
Hal yang terpenting disini adalah menyajikan beberapa pemikiran yang unik. Berikan opini anda pada beberapa isue besar dalam industri anda, atau bahkan pada topik utama yang mungkin pembaca anda akan tertarik.
Cobalah untuk tidak sekadar mengulangi apa yang telah dikatakan dan sajikan dengan jelas apa pendapat anda. Pancing pembicaraan, mungkin juga kontroversi, tentang topik yang seringkali didiskusikan dan tidak bergantung waktu dan anda akan mengalirkan trafik ke blog anda.
4. Buatlah sebuah resource seperti laporan gratis, whitepaper atau e-course
Hal ini adalah salah satu konsep pilar favorit saya.Sebuah dokumen seperti sebuah whitepapper (sebuah dokumen kecil, 2 – 10 halaman, yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu) atau serial dari artikel yang dikombinasikan untuk membuat sebuah kursus, adalah sebuah pilar yang fantastis. Anda punya beberapa pilihan untuk menyajikan informasi itu:
Buatlah PDF yang bisa di download pembaca anda, seperti apa yang bisa anda baca sekarang. Keuntungan dari cara ini adalah file bisa dibagikan dengan mudah (sebagai contoh diforward lewat email – hint, hint ;-) ) dan anda akan mendapatkan efek dari viral marketing, utamanya jika anda memproduksi e-book atau report dengan kualitas bagus.
Tuliskan konten dalam beberapa posting blog dan interlink-kan semua. Anda juga bisa menjadikan mereka highlight serial tersendiri di arsip anda atau halaman artikel.
Jika anda mengunjungi bagian artikel di blog saya dibawah heading “Free Report”, anda akan melihat sebuah contoh dari sebuah laporan PDF yang saya letakkan bersama Brian Clark , ini adalah contoh yang bagus dari konten pilar resource gratis.
Jika anda tidak bisa memutuskan cara mana yang terbaik untuk mendistribusikan konten pilar resource gratis anda, saran saya adalah tawarkan sebanyak mungkin cara. Buatlah PDF yang bisa di download, lewat posting dan via mailist juga. Dengan cara itu anda bisa memaksimalkan liputan dan menjangkau audien lebih luas.
Hal penting dari konsep ini adalah untuk menciptakan solusi lengkap untuk sebuah masalah umum. Mirip dengan artikel how-to, resource gratis adalah konsep pilar yang ampuh karena hal ini menunjukkan keahlian anda dan membawa trafik tetap.
5. Satu lagi konsep pilar yang popular adalah Daftar artikel
Anda mungkin sudah melihat di beberapa blog lain. Biasanya judulnya berbunyi “Tujuh cara terbaik untuk...” atau “10 tips Untuk Meningkatkan...” dll. Pekerjaan ini berjalan baik untuk beberapa alasan.
- Artikel berbentuk list/poin dapat dipahami dengan mudah oleh manusia. Sudah di tes dan terbukti bahwa artikel sejumlah 300 – 700 kata dengan banyak dot-point bullet yang jelas dan headline yang menggiurk an adalah pendorong trafik yang bagus. Dalam kasus ini, semua tentang penyederhanaan konsumsi dari banyak orang dengan sedikit perhatian – yaitu kebanyakan web surfer.
- List bisa menyediakan pelajaran langsung yang bisa di laksanakan dan orang senang untuk berbagi list dengan orang lain. Akibatnya artikel list seringkali di link oleh orang lain dan ditambahkan ke situs bookmarking sosial yang mendatangkan trafik. Artikel list disajikan dengan mengikuti seluruh standar aturan konsep artikel pilar – timeless, konten orisinil, ide pemecahan masalah – dan anda bisa membuatnya bisa diaplikasikan langsung oleh audien anda, kebanyakan list akan menjadi pilar.
Berhati-hatilah dengan membuat daftar topik yang dijangkau kebanyakan orang atau konsep yang sederhana. Seperti biasa semakin banyak kata “anda” dimasukkan sepanjang cerita dan dengan gaya unik, semakin besar kemungkinan list anda akan bekerja bagus.
6. Blueprint Teknis.
Sebuah blueprint teknis mirip sekali dengan how-to dan whitepaper, tetapi lebih fokus kepada aspek teknis dari masalah. Blogger dengan fokus technolgy sangat tepat untuk membuat pilar blueprint karena mereka senang sekali memakai graph, spreadsheets dan gambar untuk mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu.
Sebuah blueprint teknis adalah artikel panduan langkah-demi langkah yang disertai visualisasi yang mendemostrasikan bagaimana melakukan sesuatu.
Designer dan programmer menggunakan posting gaya ini menunjukkan bagaimana membuat sebuah website, mendesign gambar dengan Photoshop, mengkodekan software, atau pekerjaan lebih sederhana untuk melampirkan file ke email.
Anda bisa menerapkan prinsip ini hampir di semua industri yang kemungkinan perkerjaan umum merupakan hal komplek untuk di pahami. Dalam hal ini lebih banyak menujukkan gambaran daripada sebuah cerita.
Secara pribadi, saya lebih mudah menulis cerita daripada harus mengambil banyak screenshoots dan foto, tetapi mungkin tidak berlaku untuk anda. Jika anda mempunya akses ke resource yang dibutuhkan, membuat blog dengan gaya blueprint yang menjelaskan dengan jelas bagaimana melakuakan sesuatu adalah konsep pilar yang sempurna.
Itu sudah mencakup sebagian besar konsep pilar yang bisa anda terapkan pada blog dan cobalah. Jika anda menulis sebuah artikel setiap hari menggunakan konsep-konsep diatas, anda akan mempunyai fondasi kuat untuk menjadikan blog yang suskes. Yang hanya perlu anda tambahkan adalah menggabungkan dengan marketing yang efektif...
0 komentar:
Posting Komentar