YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Minggu, 16 Mei 2010

KHASIAT TOMAT DAN WORTEL

tomat TOMAT  (Solanum lycopersicum)   Tomat (Solanum lycopersicum) ada dua macam yaitu tomat buah dan tomat sayur. banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara tomat jenis sayur dan tomat jenis buah,  Perbedaan kedua glngan tomat  terletak pada bentuk dan ketebalan kulitnya.  Kalau tomat buah bentuknya lebih lonjong dan memiliki kulit yang lebih tebal.  dan Sebaliknya, tomat sayur bentuknya lebih bulat dan memiliki kulit yang lebih tipis. 

Tomat buah biasanya banyak digunakan sebagai salad segar, dan langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.  Tomat jenis ini lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur.  sedangkan Tomat sayur lebih banyak digunakan sebagai campuran sayur yang dimasak, dan tidak bisa tahan lama.

kedua jenis tomat ini sama-sama memiliki khasiat yang baik  bagi tubuh manusia, diantaranya adalah untuk Mengatasi dan mencegah gusi berdarah, Mengatasi sembelit, dan juga dapat menghaluskan Wajah.

  • MENCEGAH GUSI BERDARAH : Ambil satu buah tomat segar dan dicuci bersih lalu dimakan mentah, lakukan ini 1kali dalam sehari selama satu bulan, bila perlu selama mungkin karena tidak ada ruginya bagi kesehatan bila anda menjadikan kebiasaan makan tomat menjadi kebiasaan harian anda.
  • SEMBELIT : Bila anda sering mengalami sembelit, maka sebaiknya anda sering mengkonsumsi satu buah tomat segar sehabis makan
  • UNTUK MENGHALUSKAN KULIT WAJAH : Ambil sebuah tomat yang berwarna merah tua kemudian diperas dengan kain. kemudian oleskan air perasan ke wajah anda berkali-kali sambil melakukan pijatan ringan di bagian wajah, bisa juga dilakukan dengan cara mengiris tomat lalu langsung digosokkan ke wajah, dan jangan lupa untuk mencuci wajah lebih dahulu.

     

icon-Carrot

WORTEL (Daucus carota) 

Wortel (Daucus carota) sangat bagus bagi tubuh manusia, terutama anak-anak, karena mengandung beta karoten.   Pilihlah wortel yang intinya kecil dan berwarna muda karena menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar.  Wortel mempunyai khasiat untuk:  

  • Mengatasi hipertensi : 500g wortel dicuci, dipotong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender dan di Saring, kemudian hasil saringan diminum 3x sehari.  lakukan cara ini setiap hari sekalian untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Mengatasi rabun senja : 2 batang wortel dicuci diparut. remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring.  Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum.  Lakukan ini 3x sehari.
  • Mengatasi mata minus : minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah.   Bisa juga dilakukan dengan memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang.  Kemudian peras dengan kain.  dan langsung diminum air perasannya 1x sehari.
  • Mengatasi demam pada anak : 200g wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya.  Air perasannya direbus dan diminum.
  • Mengatasi cacingan : keringkan 5 wortel, dan tumbuk/parut sampai menjadi bubuk.  Seduh dengan air secukupnya.  Minum 2x sehari, 5g setiap kali minum.
  • Mengatasi luka bakar : wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar.
  • Mengatasi batuk : sebatang wortel dibersihkan, diparut.  Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata.  Minum 2x sehari.
  • Mengatasi nyeri haid : 250g wortel dicuci, dipotong-potong.  Beri sedikit air, lalu diblender.  Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  • Mengatasi sembelit : 2 wortel dicuci bersih, lalu diparut.  Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, kemudian peras.  lalu minum airnya 2x sehari.
  • Menghaluskan wajah : 2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu diparut, dan diperas airnya.  Oleskan ke wajah. Bisa juga setelah diparut, langsung ditempelkan ke wajah sebagai masker sampai kering.  Catatan: bila dipakai sebagai masker, wajah jangan digerakkan seperti berbicara atau makan supaya maskernya tidak retak.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą