YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Sabtu, 10 April 2010

Perang saudara

Carolina selatan melepaskan diri dari union pada bulan desember 1960. setelah usaha komprominya gagal. kemudian tujuh negara bagian ikut serta dalam pristiwa tersebut. mereka secara diam-diam membentuk sebuah negara konfederasi amerika, kejadian ini telah berlangsung sebelum lincoln menjabat sebagai president pada tanggal 4 maret 1861. saat pidato pengukuhan sebagai president, lincoln dengan tegas mengatakan bahwa union tidak bisa dipecah-pecah dan berharap adanya jalan keluar kearah perdamaian dan siap menghadapi resiko peperangan daripada melihat nasib bangsanya yang terpecah-pecah.

daerah yang paling fatal terjadi di fort sunter, pelabuhan charlerston, calorine selatan. daerah ini merupakan salah satu tempat konfederasi yang dipegang oleh tentara federal. lincoln dengan hati-hati telah merencanakan untuk mengirim perbekalan, tetapi bukan untuk garnisum tentara yang ada disana. ditanggal 12 april orang-orang selatan mulai menembakkan senjata dari atas benteng dan segera memaksa lawannya untuk menyerah. saat itu lincoln segera menyerukan adanya sebuah blokade dan meyiarkan pangglan bagi sukalerawan untuk menindas pemberontakan. seruan ni ditjkan bagi empat negara bagian selatan dan dimusim panas kedua belah pihak sudah siap untuk berperang. tugas berat lincoln saat itu adalah bagaimana untuk memobilisasi kekuatan utara dan bagaimana mengefektipkannya di medan perang.

pada saat perang dmulai, lincoln kesulitan mencari seorang jendral yang pintar untuk membangun sebuah serangan untuk melawan tentara konfederasi yang dipinpin jendral robert e.lee, pertempuran bull run di bulan juli 1861 merupakan kekalahan untuk pertama kalinya dari sekian banyaknya kekalahan yag dialami oleh union di front virginia. tetapi banyak keberhasilan yang diperoleh di front barat, angkatan union mengalahkan new orleans dan menguasai missisipi bagian bawah. lalu pada akhir tahun 1862 perang akhirnya dianggap selesai.

walaupun pristiwa militer menuntut banyak perhatian lncoln, tetapi dia tetap memlki tugas kepresidenan yang harus diselesaikannya pula, dalam kepemmpinannya lincoln membiarkan angota kabnetnya untuk bebas bekerja dalam mengurusi administrasiya serta masalah dalam departemennya masing-masing, lincoln jarang berusaha untuk mempengaruhi konggres dan jarang menggunakan hak veto nya. tetapidalam beberapa peristiwa resmi dalam lembaga perundang-undangan dia sempat membubuhkan tanda tangannya antara lain dalam homestead act- yang melindungi tanah bebas di barat bagi para pemukimnya, pasific ralway act-, dan national banking act-

oleh karena dia dinilai memiliki semangat anti perbudakan yang tinggi, maka lincoln di menganggap tujuan utama dari perang adalah menyelamatkan union dan tidak menindas kaum miskin, akan tetapi tekanan dari kaum abolisi yang menuntut agar segera dihentikannya perbudakan semakin meningkat sehingga lincoln menyatakan bahwa emansipasi bisa ditekan seperti tentara menekan musuhnya, pernyataan ni membuat pihak utara menjadi lebih baik dimata dunia. dansetelah pengumuman mengenai perhatiannya di bulan agustus 1862, lincoln kemudian mengumumkan proklamasi emansipasinya yang terkenal pada tanggal 1 january 1863. tetapi di daerah yang masih tetap dibawah pengawasan konfederasi. proklamasi tetap tidak sepenuhnya membebaskan orang negro dari penindasan, dan orang mulai tahu bahwa kemenangan phak utara akan berarti berakhirnya perbudakan.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

http://adreviewcamp.com

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą