YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Rabu, 07 April 2010

Abraham lincoln (1809-1865)

Tanggal 14-april-1865 gedung teater ford di washington city menjadi tempat terakhir yang di kunjungi oleh presidentlincoln, saat itu tiba-tiba seorang pria bernama john wilkes booth berhasil menembakan pistol kearah president amerika tersebut, pria tersebut adalah seorang aktor panggung

Abraham lincoln langsung jatuh dan tak sadarkan diri hingga hari kematiannya pada esok harinya. sementara sipembunuh berhasil melarikan diri hingga ke virginia. disana pria tersebut tertangkap dan dibunuh.dan saat itu pula wakil president pada saat itu andrew johnson menggantkan posisi jabatan president,Abraham lincoln disemayamkan dirumahnya di kota springfield dengan terhormat,

Abraham lincoln adalah president yang berhasil menyelamatkan bangsanya dari sebuah perang saudara dan menyatukannya kembali, dan juga berhasil memperbaiki nasib budak-budak bangsa negro yang pada masa itu di perlakukan sebagai budak terhina oleh masyarakat kulit putih di amerika, juga berhasil mengembalikanharga diri manusia dengan cara-cara yang sederhana.

MASA KECIL
Abraham lincoln dilahirkan tanggal 12-febuari-1809 disebuah rumah kayu dekat dengan kota hodgenville, kentucky. dan mempunyai seorang adik perempuan bernama sarah. ayah Abraham lincoln adalah seorang petani dengan seorang istri bernama nancy hank lincoln yang hidup sederhana. pada bulan december-1816 keluarga lincoln pindah ke indiana barat daya dan disana mereka merintis pembabatan hutan dan pembersihan semak untuk membangun rumah permanen untuk dijadikan sebagai tempat tinggal, pada tahun 1818 ibu lincoln jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia lalu dikuburkan didekat hutan tak jauh dari rumah mereka, setelah setahun kematian ibunya, ayah lincoln menikahi bush johnston, seorang jamda dengan 3 orang anak. hubungan lincoln dengan ibu tirnya amat baik dan penuh kasih sayang dan bahkan ibu tirinya juga mendampingi lincoln saat menjabat sebagai president.


lincoln adalah seorang yang mudah belajar dari apa yang dikerjakan sehari-hari, dia baru memasuki sekolah belakangan, itupun hanya beberapa hari dalam seminggu dan belakangan lincoln pernah mengatakan bahwa dia bersekolah tak lebih dari setahun
lamanya, idamembaca apa saja yang terjangkau oleh tangannya dan juga pernah menjadi guru bahasa inggris di lingkungannya.

di tahun 1830 keluargalincoln pindah lagi ke ilionos dengan menggunakan kereta yang ditarik lembu dan lincoln yang menjadi kusirnya, sesampai disana mereka membangun lagi rumah dari kayu di padang rumput yang luas di dekat decatur, tetepi setahun kemudian mereka pindah lagi ke daerah coles. lincoln pernahmelakukan perjalanan ke new orleans pada usia 19tahun sebagai seorang kuli pada sebuah kapal sungai yang menyusuri sungai mississipi sekarang. dan setelah itu bekerja sebagai seorang penjaga toko di sebuah desa di new salem,illionis,30km barat laut springfield. dengan bakat yang dimilikinya dia menjadi populer dilingkungannya yang kemudian mengantarkannya masuk kedunia politik kemudian dia mencalonkan dirinya sebagai anggota lembaga pembuat undang-undang dan mengalami kekalahan. kemudian di tahun 1834 saat berumur 24 tahun dia kembali mencalonkan diri dan untuk kali ini lincoln berhasil dan kembali terpilih hingga tiga kali.

LEMBARAN BARU
lincoln belajar sendirisecara otodidak dengan meminjam buku-buku hukum yang ia tekuni pada saat senggangnya dan mengikuti ujian dua tahun kemudian pada tahun 1837. dan begabung dengan john t.stuard, seorang jaksa senior sebagai mitra kerjanya di dewan. dan berhasil meyakinkan para kliennya meskipun tidak pernah belajar secara formal tentang hukum, tetapi dia tahu secara mendasar, dan sebelum pemilihan president tahun 1860 dia telah menjadi seorang ahli hukum terkemuka di illionis. di tahun 1844 dia mulai bekerjasama dengan william h. herndon, yang lebih muda 10 tahun seorang cerdas yang mendampinginya,

lincoln pernah menjalin asmara dengan seorang wanita bernama ann rutledge namun cepat berakhir karena ann meninggal di tahun 1835. kemudian tertarik dengan seorang wanita muda bernama mary owens tetapi mary menolak untuk dinikahinya, semntara di springfield dia bertemu dengan mary todd nak seorang terkemuka di kentucky dan mereka bertunangan pada tahun 1840 kemudian menikah pada tanggal 4-november-1842, dan memiliki 4 orang anak robert, edward, william (meninggal saat merusia 11 tahun)dan thomas (meninggal saat berusia 18 tahun).

SEPAK TERJANG
dipemerintahan, lincoln menjadi seorang anggota partai whig yang setia, dan mempunyai seorang atasan yang terkemuka yakni henry clay dandaniel webster.tahun 1842 dia ditampilkan sebagai calon anggota konggres tetapi ada 2orang yang menuntut nominasinya dan lincoln terpaksamenund kepindahannya hingga di tahun 1846 akhirnya lincoln terpilih. masa kerja lincoln di parlemen dimulai bulan desember 1847 saat perang mexico hampir usai, setelah menduduki kursinya, lincoln bekerja sama dengan whig untuk melawan politik perang president james k. polk. saat itu lincoln meperkenalkan rancangan undang undang yang memberikan persamaan hak atau kemerdekaan bagi para budak di distrik columbia, ruu tersebut terwujud dan lincoln tampil sebagai anggota konggres yang populer, tetapi kritik-kritik tentang perang orang mexico tak dapat diterima di illionis sehingga lincoln tidak masuk lagi dalam nominasi calon anggota konggres, tetapi lincoln tidak kehabisan akal, dia bekerjasama dan membantunya untuk memenangkan pemilihan president tahun 1848. kemudian diamendapatkan tawaran untuk bekerjasama dengan pemerintah oregon. tetapi karena tawaran itu dimaksud sebagai hadiah, lincoln menolaknya dan memutuskan untuk mulai lagi dengan praktek hukumnya. namun karier politiknya akhirnya tercapai walaupun harus dibayar dengan taruhan nyawa.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salah satu contoh dari reaksi dari sekian banyaknya aksi yang telah dijalani oleh lincoln

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą