YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Kamis, 29 April 2010

Mengenai Labuhan Batu

ranto 

Kabupaten Labuhan Batu adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, Ibu kota kabupaten ini terletak di Rantau Prapat. Kabupaten Labuhan Batu terkenal dengan hasil perkebunan kelapa sawit dan karet.

Wilayah kabupaten yang dilalui dua sungai besar yaitu Sungai Bilah dan Sungai Barumun merupakan daerah yang subur. Hal ini dapat dilihat dari 58 persen wilayahnya dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, dimana di dalamnya didominasi subsektor perkebunan.

Perkebunan sendiri menyita lahan 424.180 hektar atau 46% luas wilayah Kabupaten Labuhan Batu. Hasil utama dari perkebunan adalah kelapa sawit dan karet, Kelapa sawit, misalnya pada tahun 2000 dapat memproduksi 4,3 juta ton dari lahan seluas 292.649 hektar. Dari lahan seluas 118.779 hektar kebun karet, pada tahun 2000 dapat diproduksi 109,3 ribu ton karet. Sebagian besar industri di kabupaten ini merupakan industri pengolahan hasil pertanian, khususnya perkebunan. Produk yang dihasilkan dari sekitar 39 industri besar dan sedang, 77 persen berupa minyak sawit mentah dan inti sawit yang menggunakan bahan baku kelapa sawit.

Geografi

luas kabupaten labuhan batu sebelum dilakukan pemekaran adalah 16.490 km², sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 1.431.605 jiwa pada tahun 2007. Dengan adanya pemekaran maka dibentuk Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten Labuhanbatu Utara, maka luas kabupaten ini menjadi 9.323 km² dan penduduknya sebanyak 857.692 jiwa pada tahun 2007.

begitu juga jumlah kecamatannya yang Pada mulanya sebelum pemekaran, jumlah kecamatan di kabupaten ini adalah 22 kecamatan. Dengan dibentuknya Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, maka jumlah kecamatan di kabupaten ini menjadi 9 kecamatan. Berikut nama-nama kecamatan tersebut:

  1. Bilah Barat
  2. Bilah Hilir
  3. Bilah Hulu
  4. Panai Hilir
  5. Panai Hulu
  6. Panai Tengah
  7. Pangkatan
  8. Rantau Selatan
  9. Rantau Utara

Pemekaran

Sejak 24 Juni 2008, kabupaten labuhan batu dilakukan pemekaran, jumlah kecamatan di kabupaten Labuhanbatu berkurang dengan adanya pemekaran dari kabupaten ini, yaitu melalui pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kecamatan yang menjadi wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara
  1. Aek Kuo
  2. Aek Natas
  3. Kualuh Hilir
  4. Kualuh Hulu
  5. Kualuh Leidong
  6. Kualuh Selatan
  7. Marbau
  8. Na IX-X
Kecamatan yang menjadi wilayah Kabupaten Labuhanbatu Selatan
  1. Kampung Rakyat
  2. Kota Pinang
  3. Silang Kitang
  4. Sungai Kanan
  5. Torgamba

Sumber : id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą