YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Kamis, 29 November 2012

Membuat Mini Air Conditioner (AC) portable

ac1artikel kali ini, Kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat "Air Conditioner" mini yang bisa dipakai dikamar atau saat kita sedang bekerja di depan komputer. cara pembuatannya sangat sederhana, hemat energi, hemat biaya dan juga dapat diandalkan untuk saat cuaca panas. selain mengandalkan kipas angin.

Cara pembuatan

Bahan :

  1. Kotak styrofoam atau kotak nasi styrofoam.
  2. Kipas angin pendingin CPU (bisa baru atau bekas asal masih berfungsi).
  3. Lem Super atau perekat yang kuat.
  4. Heatsink PC (elemen yang biasa dipakai sebagai pendingin komputer).
  5. Es Batu balok kecil.

Setelah bahan dan perlengkapan sudah siap, sekarang kita mulai pengerjaan membuat Mini Air Conditioner. Caranya seperti berikut :

Pisahkan kotak styrofoam bagian atas dan bawah, lalu lubangi bagian atas kotak styrofoam. dan kemudian buatlah 3 lubang yang pertama untuk keluarnya udara melalui kipas, yang kedua untuk masuknya udara dan lubang yang terakhir gunanya untuk kabel. Bentuk kotak udara terserah dengan selera anda, bisa berbentuk kotak, bundar atau yang lain, lubang yang dibuat jangan terlalu besar agar proses penghisapan udara bisa maksimal.

ac2

Pisahkan kotak dan buatlah lubang

Kemudian pasang kipas cpu dan heatsink pc, di kotak styrofoam bagian atas yang sudah dilubangi tadi. Gunakan lem atau perekat lain dan potongan kardus sebagai media untuk menyangga komponen agar bisa menempel pada tempatnya.

ac3

Pasang kipas cpu dan heatsink pada kotak bagian atas

Lalu isi kotak styrofoam sisi bagian bawah dengan es batu dan sedikit air dingin. Air jangan terlalu banyak supaya es batunya tidak cepat mencair.

ac4

Taruh es batu dengan sedikit air pada kotak bagian bawah

Lalu langkah yang terakhir, kita satukan kotak styrofoam bagian atas dengan bagian bawah. Menyatukannya tidak perlu di lem, cukup diberi ditempel isolasi (yang bening) saja di tiap sudutnya.

ac5

Satukan kotak bagian atas dan bagian bawah

Bila semua langkah-langkah telah dilakukan dengan benar, sekarang kita hubungkan mini air conditioner dengan power. Untuk power atau sumber energinya bisa memakai 2 cara, yaitu dengan menggunakan baterai atau menggunakan kabel port usb (sehingga bisa dihubungkan dengan komputer).

ac5a

Power menggunakan baterai

ac6

Power menggunakan kabel usb

Prinsip kerja mini air conditioner ini adalah sebagai berikut. Saat kita sudah menyambungkan kipas dengan sumber energi, lalu kipas akan berputar dan menghisap udara luar melalui lubang (kotak atas) bagian belakang. Lalu udara tersebut akan melewati air, es batu, dan heatsink atau (pendingin cpu) kemudian dihembuskan keluar menjadi udara yang lebih dingin.

ac7

Prinsip kerja Mini Air Conditioner

Gimana?... Mudah sekali khan cara membuatnya?
Bahan dan perlengkapannya juga sangat murah meriah serta mudah didapatkan. Sehingga jika kita punya mini air conditioner ini, kita tidak perlu lagi menyalakan kipas angin atau AC hanya untuk mendinginkan kita seorang. Biaya listrik akan lebih hemat.

Enjoy-the-coolness

Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat…

2 komentar:

Unknown mengatakan...

udara yang disaring apakah akan menjadi lebih bersih atau sebaliknya ??

Miliana mengatakan...

keren sekali mini ac portable

cara membuat kartu alfamart

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą