YARO STARAK BLUE PRINT

Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit
Google bot last visit powered by Bots Visit
powered by PRBbutton
Personal Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Blog Directory & Search engine
Jumat, 04 Juni 2010

ANGKOR WAT - KAMBOJA

Sejumlah situs telah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia dan wajib di lindungi, seperti candi borobudur di indonesia, pyramid di mesir, tembok besar china, penara pisa di italia dan lain lain. diantaranya terdapat ANGKOR WAT yang berarti kuil tua, istana angkor wat berada di dekat kota SIAM REAP – KAMBOJA. kota ini pernah hilang karena ditutupi oleh hutan belantara selama 400 tahun lebih dan nyaris terlupakan oleh orang. hingga akhirnya berhasil di temukan oleh seorang ilmuwan prancis bernama Herni Mooth out pada tahun 1960-an saat berburu di kota siam reap.

image

Angkor wat di bangun oleh raja Suryavarman 2 pada awal abad 12 sebagai kuil raja dan sebagai ibu kota. istana angkor wat di bangun diatas lahan seluas 12 hektar. Angkor wat bukanlah nama asli dari kota ini. karena namanya tidak diketahui , maka diberi nama angkor wat yang berarti kuil kota.

pembangunan kuil kota ini dilakukan dengan cara mengangkut batu seberat 40 ton sejauh 50 km yang kemudian di kikir rapi menjadi segi empat lalu disusun hingga membentuk bangunan. semua pekerjaan dilakukan dengan cara manual atau menggunakan tenaga manusia dan binatang.

setelah kematian raja suryawarman lalu digantikan oleh raja jayawarman 7 yang juga mendirikan istana dan ibu kota baru bernama Angkor thom yang letaknya beberapa kilometer sebelah utara angkor wat.

DITINGGALKAN DAN DILUPAKAN

Kisah hilangnya kuil kota terjadi saat kerajaan thailand menjajah dan merampas semua harta istana angkor wat yang kaya raya pada tahun 1481. kemudian raja angkor terpaksa melepaskan tahta dan meninggalkan istana. ia kemudian memindahkan kerajaan ke kota phon phem. hingga akhirnya angkor wat ditutupi hutan hingga abad ke 19 dan mulai dilupakan orang

image

Ketika ditemukan oleh ilmuwan prancis kondisi angkot wat diselimuti oleh tumbuhan dan di dalamnya banyak terdapat binatang buas dan ular berbisa. satu – satu nya jalan untuk membersihkan angkor wat pada saat itu adalah dengan pembakaran. sehingga menyebabkan dinding batu angkor wat kelihatan hitam hingga saat ini.

angkor wat dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh PBB-unesco pada tahun 1992, ciri – ciri bangunan angkor wat sebenarnya menyerupai candi Borobudur dan Prambanan yang ada di indonesia, pada dinding angkor wat di hiasi relief atau ukiran seni yang bernilai tinggi yang menggambarkan kehidupan pada masa itu dan ajaran agama. selain ukiran terdapat juga patung dewa yang di jumpai pada jalan masuk ke angkor thom.

selain angkor wat dan angkor thom, masih banyak daerah lain yang memiliki ke unikan  dan  sering dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke kawasan itu diantaranya yaitu kuil bayon yang memilki 54 pagoda dan setiap empat sisi pagoda di hiasi smile angkor  atau senyum buddha yang terkenal. karena keunikannya,  tidak heran angkor wat dinominasikan dalam 7 keajaiban dunia.

ada juga istana ratu / ta prohm yang memilki keunikan tersendiri seperti sebuah pohon tua dan besar yang tumbuh memeluk kuil batu, yang kononnya kuil itu dibangun untuk mengenang ibunya,

image

0 komentar:

Posting Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą