YARO STARAK BLUE PRINT

Selasa, 01 Juni 2010

CARA MEMBUAT SABUN COLEK

Bahan baku sabun colek :

  1. DEDOCYL BENZENE SULFONAT (DDBS) : Adalah bahan aktif ( active ingredient) untuk membuat sabun colek, sebagian orang menyebutnya dengan nama ABS (alkyl benzene sulfonat), ini adalah bahan yang mutlak harus dipakai pada proses membuat sabun colek. yang nantinya akan menentukan hasil akhir. tanpa bahan ini sabun colek tidak akan memiliki daya bersih dalam pemakaian sabun colek, bahan ini berbentuk cairan yang biasanya berwarna coklat tua, yang berfungsi sebagai pembersih, ciri – ciri cairan ini adalah memiliki busa yang banyak bila di kucek. Bahan ini banyak tersedia di toko – kimia bahan pengganti untuk cairan ini bisa juga di pakai LABS (LINEAR ALKYL BENZENE SULFONAT) yang memiliki sifat yang sama dengan DDBS hanya saja harga bahan ini lebih tinggi. DEDOCYL BENZENE SULFONAT
  2. KAUSTIK SODA : Bahan ini berguna sebagai penetralisir sifat keasaman yang di akibatkan dalam pemakaian DDBS. bahan ini berbentuk batangan atau flake. sebelum dilakukan pencampuran, bahan ini harus dilarutkan dengan air dengan perbandingan 4:6 ( misalnya : 40.gr kaustik soda dengan 60.cc air campuran) atau bisa juga dengan skala perbandingan lain sesuai dengan formula masing – masing, tetapi umumnya 4:6. cara melarutkan kaustik soda harus dilakukan dengan hati – hati karena bahan ini bersifat keras terhadap kulit manusia. caranya adalah : dengan memasukkan kaustik soda ke dalam air kemudian diaduk. bukan sebaliknya air dituang ke dalam wadah yang berisi kaustik soda karena akan menimbulkan percikan dari reaksi panas yang ditimbulkan kaustik soda. Setelah proses pelarutan kaustik soda. cara penyimpanan kaustik soda bila belum di pakai maka kaustik soda yang sudah dilarutkan disimpan di dalam wadah plastik atau kaca, dan jangan menyimpan dalam wadah logam, karena akan terjadi pengikisan terhadap bahan dari logam sehingga bisa terjadi kebocoran. lama penyimpanan sebaiknya tidak melebihi 7 hari agar tidak terjadi pengendapan yang berdampak pada penurunan kwalitas formula nantinya.
  3. SODA ABU : Soda abu atau SODA ASH berbentuk bubuk, dan warnanya putih. fungsinya untuk meningkatkan daya bersih, penambahan soda abu tidak boleh terlalu banyak, karena dapat menimbulkan rasa panas di tangan saat sabun colek digunakan. penggunaan soda abu yang dianjurkan dalam formula pembuatan sabun colek adalah sekitar 7 % dari komposisi total bahan sabun colek soda-ash
  4. SAGU DAN KAOLIN : tepung sagu atau tapioka berfungsi sebagai bahan pengisi atau filler, sehingga volume sabun colek menjadi banyak yang tujuannya untuk menambah nilai ekonomis bila sabun colek dibuat untuk dijual, tetapi penambahan bahan ini jangan terlalu berlebihan karena dapat mempengaruhi kwalitas sabun colek. dan sabun colek menjadi cepat kering bahan yang memiliki fungsi yang sama dengan tepung tapioka adalah KAOLIN, dan bahan ini lebih murah harganya, selain itu juga bisa di pakai KALSIT dan DOLOMIT. selain bahan sagu, bahan lainnya memiliki kualitas yang lebih rendah.tepung-sagu-sago-starch-0
  5. GARAM ; garam berfungsi sebagai bahan pengental dalam proses pembuatan sabun colek. garam yang cocok untuk membuat sabun colek adalah garam untuk industri yang dibeli dalam partai besar tidak seperti garam dapur yang dijual dalam bentuk bungkus yang tentunya lebih mahal dibanding garam industri. tetapi garam dapur juga bisa digunakan dalam pembuatan sabun colek.garam
  6. SILIKAT : biasanya dikenal dengan nama water glass, bahan ini berbentuk cairan kental dan tidak berwarna (bening). berfungsi sebagai pengikat material dalam sabun colek. penggunaan silikat juga akan memberikan kesan berkilau pada sabun colek, bahan ini sangat mudah beku, jadi bila tidak dipakai, sebaiknya bahan ini di simpan dengan tutup yang rapat.
  7. PEWARNA DAN PEWANGI : berfungsi sebagai bahan tambahan (addictive) dan tidak akan mengurangi kualitas dari sabun colek, warna sabun colek yang asli adalah coklat,  dan berbau kurang menarik. jadi penambahan parfum dan pewarna dapat mempengaruhi perhatian konsumen terhadap sabun colek, jadi akan cepat terjual bila akan dijual. biasanya di gunakan warna kuning dan aroma jeruk agar lebih dapat menghilangkan bau kotoran yang akan di bersihkan.
  8. AIR : air merupakan bahan utama dalam pembuatan sabun colek, berfungsi untuk menyempurnakan reaksi dari formula sabun colek, air juga berfungsi untuk mengatur kekentalan sabun colek yang akan dihasilkan dari proses formula sabun colek. sebaiknya air yang digunakan adalah air yang telah melalui proses deminelarisasi (DEMINELARIZED WATER). tetapi air biasa juga bisa digunakan.

Dalam proses pembuatan sabun colek, secara teknis ada  beberapa batasan yang harus di perhatikan agar dapat mengurangi resiko kegagalan. diantaranya ;

  • KADAR AIR  sebaiknya tidak lebih dari 33.% , bila lebih mungkin akan terjadi keenceran.
  • DDBS sebaiknya jangan kurang dari 9%. bila lebih akan menyebabkan sabun colek jadi kasar dan busanya sedikit.
  • GARAM garam jangan lebih dari 7%. kelebihan garam juga bisa meyebabkan sabun colek jadi kasar.
  • SODA ABU sebaiknya tidak lebih dari 7% karena akan menimbulkan rasa panas di tangan saat sabun colek digunakan untuk mencuci.

bahan formula untuk membuat sabun colek sangat beragam, jadi dalam penyediaan bahan sabun colek anda disarankan untuk melakukan lebih dari satu eksperimen. di artikel ini saya akan memberikan beberapa contoh takaran dari formula untuk membuat sabun colek.

CONTOH 1

NAMA BAHAN

PERSENTASI

KWANTITY

DDBS

10 %

100 grm

KAUSTIK SODA

1.2 %

12 grm

SODA ABU

6 %

60 grm

SAGU

15 %

150 grm

KAOLIN

19 %

190 grm

GARAM

7 %

70 grm

SILIKAT

10 %

100 grm

AIR

31,5 %

315 grm

PEWARNA

0.001 %

0,1 grm

PARFUM

0,3 %

3 grm

CONTOH 2

NAMA BAHAN

PERSENTASI

KWANTITY

DDBS

11 %

110 grm

KAUSTIK SODA

1.2 %

12 grm

SODA ABU

7 %

70 grm

SAGU

15 %

150 grm

KAOLIN

17 %

170 grm

GARAM

7 %

70 grm

SILIKAT

10 %

100 grm

AIR

31,5 %

315 grm

PEWARNA

0.001 %

0,1 grm

PARFUM

0,3 %

3 grm

CONTOH 3

NAMA BAHAN

PERSENTASI

KWANTITY

DDBS

12 %

120 grm

KAUSTIK SODA

1.2 %

12 grm

SODA ABU

6 %

60 grm

SAGU

16 %

160 grm

KAOLIN

16 %

160 grm

GARAM

6 %

60 grm

SILIKAT

11 %

110 grm

AIR

31,5 %

315 grm

PEWARNA

0.001 %

0,1 grm

PARFUM

0,3 %

3 grm

Untuk mendapatkan formula yang baik dan unggul dari sabun colek yang sudah ada di pasaran, anda bisa membuat kombinasi dari bahan – bahan diatas atau menambahkan bahan lain yang mungkin anda dapatkan dari sumber lain,

Alat – alat :

  1. Ember platik
  2. Pengaduk kayu
  3. Timbangan kecil
  4. Hands sealer / alat klem plastik
  5. wadah untuk bahan jadi

Proses pembuatan sabun colek :

  1. Timbang semua bahan formula yang diperlukan ke dalam sebuah wadah yang telah di sediakan.
  2. masukkan setengah bagian air ke dalam ember
  3. larutkan pewarna kedalam air yang telah di sediakan. kemudian aduk sampai larut dan tercampur dengan merata'
  4. lalu masukkan garam, kemudian aduk hingga tercampur dengan sempurna,
  5. selanjutnya masukkan sagu dan aduk sampai merata dan sempurna.
  6. masukka soda abu/soda ash lalu aduk hingga merata.
  7. masukkan kaustik soda ke dalam air secara perlahan – lahn hingga merata , untuk yang satu ini sebaiknya diperlakukan dengan hati – hati, awas terciprat ke kulit atau mata.
  8. lalu tuangkan sisa air tadi yang masih sebagian digunakan.
  9. tuang DDBS ke dalam air sedikit demi sedikit sambil di aduk pelan – pelan. pada proses ini nantinya akan terjadi proses reaksi yang ditandai dengan adanya panas dan isi adonan mengembang, jadi harus pelan –pelan dan hati – hati.
  10. setelah itu masukkan silikat sedikit demi sedikit sambil diaduk juga pelan – pelan. pada proses ini formula akan menjadi lebih pekat dan berat karena proses sabun colek sudah mulai terbentuk
  11. apabila panas dalam adonan sudah mulai menghilang, selanjutnya masukkan cairan parfum sedikit – sedikit sambil diaduk pelan – pelan.
  12. dalam tahap ini proses pembuatan sabun colek telah selesai. selanjunya anda hanya perlu memikirkan cara pengemasan. dan penjualan.
  13. untuk pengemasan bisa juga dilakukan dengan menggunakan hands sealer bila wadah yang digunakan adalah jenis kemasan plastik lembaran.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini baru Terapan..

Poskan Komentar

Posting yang berkaitan

TUKARAN LINK SILAHKAN COPY LINK DI BAWAH INI

Ą